Friday, March 22, 2019

SULTAN AGUNG, MENELUSUI JEJAK-JEJAK KEKUASAAN MATARAM



Kategori: Sejarah
Penulis: Krisna Bayu Adji & Sri Wintala Achmad                       
Judul: SULTAN AGUNG, MENELUSUI JEJAK-JEJAK KEKUASAAN MATARAM
Penerbit: Araska Publsiher
Harga: Rp 59.000
(STOK MASIH)

Deskripsi
Mataram Islam merupakan kerajaan yang muncul sesudah Kesultanan Pajang mengalami masa surut. Sejak di bawah pemerintahan Panembahan Senapati, Mataram sudah melakukan ekspansi wilayah kekuasaan. Apa yang dilakukan Senapati, pula dilaksanakan oleh Sunan Adi Prabu Hanyakrawati. Namun, hasil yang dicapainya tidak segemilang yang diraih ayahnya.
Puncak keberhasilan ekspansi wilayah kekuasaan Mataram baru dicapai semasa pemerintahan Sultan Agung. Melalui Sultan Agung yang sangat ambisius untuk menjadi raja satu-satunya di Pulau Jawa, Mataram berhasil menguasai banyak kerajaan di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian Jawa Barat. Dikatakan sebagian, karena Kesultanan Banten yang terletak di Jawa Barat itu tidak pernah dikuasai Sultan Agung.
Sekalipun kalah perang melawan VOC di Batavia sehingga gagal menguasai Kesultanan Banten, Sultan Agung tetap diakui sebagai raja besar. Karena selain menguasai strategi perang, Sultan Agung sangat memerhatikan kehidupan budaya dan kesusastraan. Sehinggga pada era pemerintahnya, lahirlah karya adiluhung “Sastra Gendhing”, Kalender Jawa, dan Bahasa Bagongan. Selain itu, Sultan Agung dikenal sebagai pencetus falsafah kepemimpinan Jawa.
Banyak kisah yang bisa diungkap dari tokoh Sultan Agung. Karenanya dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui betapa ambisinya Sultan Agung untuk mampu menaklukkan Lumajang, Malang, Lasem, Pasuruhan, Tuban, Madura, Surabaya, Giri Kedaton, Blambangan, dll. Sebaliknya, betapa kecewanya ketika Sultan Agung mengalami kekalahan saat melawan VOC sehingga gagal menundukkan Banten. Hanya melalui buku ini, Anda akan menjadi orang pertama yang berhasil menguak sosok Sultan Agung secara lengkap dan utuh.[]

No comments:

Post a Comment