Wednesday, October 31, 2018

SEJARAH RAJA-RAJA JAWA DARI KALINGGA HINGGA MATARAM ISLAM

Penulis: Sri Wintala Achmad
Kategori: Sejarah
Judul: SEJARAH RAJA-RAJA JAWA 
DARI KALINGGA HINGGA MATARAM ISLAM
Penerbit: Araska Publisher
STOK HABIS


Deskripsi:
Mengacu pada Prasasti Sojomerto, raja Jawa tertua adalah Santanu yang bermukin di pesisir utara pada abad ke-7.  Prasasti tersebut pula menyebutkan, bahwa di Batang telah berdiri suatu kerajaan yang dikuasai oleh Dapunta Sailendra. Seorang raja yang kelak melahirkan raja-raja Medang periode Jawa Tengah dari Dinasti Sailendra. Selain itu, terdapat kerajaan Kalingga di bawah kepemimpinan Kartikeyashinga dan berlanjut pada Ratu Jay Shima – leluhur Rau Sanjaya.
Baik melalui Depunta Sailendra maupun Ratu Sanjaya, raja-raja Medang periode Jawa Tengah dilahirkan. Di samping dua tokoh tersebut, terdapat tokoh lain yang menentukan pemerintahan Medang yakni Mpu Sindok. Pendiri wangsa Isana dan kerajaan Medang periode Jawa Timur.
Paska runtuhnya Medang periode Jawa Timur yang ditandai dengan peristiwa Mahapralaya semasa pemerintahan Darmawangsa Teguh (versi I: 1007/versi II: 1016), kerajaan-kerajaan di Jawa muncul dan tenggelam satu per satu secara berantai. Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain: Kahuripan, Kadiri, Singhasari, Majapahit, Kasultanan Demak, Kasultanan Pajang, dan Mataram Islam.
Menyimak perihal sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa sejak Kalingga hingga Mataram Islam  amat menarik. Karena selain dapat memerluas pengetahuan tentang sejarah, Anda dapat menangkap nilai-nilai edukatif dari balik kebijakan para penguasa kerajaan semasa menjabat. Dari sana, Anda dapat menangkap bahwa unsur kebijakan para penguasa kerajaan yang berdampak perang (pertikaian saudara) serta gejolak alam (bencana alam, wabah penyakit, dsb) sangat menentukan terbentuknya sejarah. Hanya dengan membaca buku ini, Anda akan menyingkap misteri sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa secara gamblang dan tuntas.[ ]

No comments:

Post a Comment