Wednesday, October 31, 2018

SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN BESAR DI NUSANTARA

Kategori: Sejarah Populer
Penulis: Sri Wintala Achmad
Judul: SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN BESAR DI NUSANTARA
Penerbit: Araska Publisher
(STOK HABIS)



Deskripsi:
Sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentuk, Nusantara semula merupakan wilayah yang dikuasai ratusan kerajaan baik besar maupun kecil (kerajaan bawahan). Di Sumatera, terdapat Kerajaan Sriwijaya, Samudra Pasai, dll. Di Kalimantan, terdapat Kerajaan Kutai Martapura, Kutai Kartanegara, dll. Di Sulawesi, terdapat Kerajaan Goa, Bone, dll. Di Sunda, terdapat Kerajaan Salakanagara, Tarumanagara, Sunda-Galuh, Pakuan Pajajaran, dll. Di Jawa, terdapat Kerajaan Medang, Kadiri, Majapahit, Mataram, dll.
            Setiap kerajaan yang muncul di bumi Nusantara memiliki sejarahnya sendiri – sejarah yang berkaitan dengan masa awal berdiri, masa kejayaan, dan masa surutnya. Sebab itu, banyak kerajaan yang muncul kemudian berjaya dan tenggelam dikarenakan faktor bencana alam, pemberontakan, atau serangan dari negara (pihak) lain. Serangan tersebut bukan hanya datang dari negara lain, namun bisa datang dari kaum kolonial semisal VOC (Belanda).
            Melacak jejak sejarah kerajaan-kerajaan di Nusantara sangat menarik. Karenanya melalui buku ini, penulis akan menguak sejarah kerajaan-kerajaan besar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Sunda, Jawa, dan Bali.
Buku ini pula menginformasikan tentang ratusan kerajaan kecil yang tersebar di wilayah Nusantara. Dengan demikian, pembaca akan semakin mengetahui bahwa Nusantara semula merupakan gudang kerajaan yang bukan sekadar saling menjalin kerjasama namun pula saling bermusuhan antara satu dengan lainnya dikarenakan faktor perebutan kekuasaan.[ ]

No comments:

Post a Comment