Wednesday, October 31, 2018

POLITIK DALAM SEJARAH KERAJAAN JAWA

Penulis: Sri Wintala Achmad
Kategori: Politik & Sejarah
Judul: POLITIK DALAM SEJARAH KERAJAAN JAWA
Penerbit: Araska Publisher
(STOK HABIS)



Deskripsi:
Politik adalah metode (cara) untuk bisa meraih apa yang dituju. Sebagai metode, politik tidak hanya digunakan para politikus yang duduk di gedung parlemen, namun pula bagi pemimpin negara beserta wakil dan menteri-menterinya di dalam merealisasikan tujuan negara. Politik tidak hanya diterapkan di masa kini, namun sudah diterapkan sejak berabad-abad silam oleh para pemimpin negara (kerajaan) beserta punggawanya.
Berdasarkan sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa, politik tidak hanya digunakan oleh para raja beserta punggawanya di dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat dan negaranya; namun pula sering disalahgunakan untuk mendapatkan (merebut) kekuasaan yang lebih tinggi atau wilayah jajahan yang lebih luas. Akibatnya, pemberontakan dan perang saudara yang menelan banyak korban harta, benda, jiwa, dan raga tidak dapat terhindari.
Politik dalam sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa sudah diterapkan sejak pemerintahan Mataram Kuno (atau bahkan Kalingga) hingga pemerintahan kerajaan-kerajaan berikutnya. Karenanya melalui buku ini, Anda akan dibawa untuk mengenal politik dari raja-raja dan tokoh-tokoh penting yang hidup sejak kerajaan Mataram Kuno (periode Jawa Tengah dan Jawa Timur), Kahuripan, Janggala, Kadiri, Singhasari, Majapahit, Kesultanan Demak, Kesultanan Pajang, hingga Mataram Islam.
Dengan menyimak sampai tuntas atas kandungan buku ini, Anda akan mengetahui betapa indahnya politik saat digunakan untuk merealisasikan kesejahteraan rakyat dan negaranya, dan sekaligus betapa busuknya politik saat diterapkan sebagai jembatan untuk mendapatkan (merebut) kekuasaan dengan cara tidak terpuji. Hanya buku ini yang akan memberikan jawaban mengenai substansi politik dalam konteks kekuasaan.[ ]

No comments:

Post a Comment