Wednesday, October 31, 2018

13 RAJA PALING BEPENGARUH SEPANJANG SEJARAH KERAJAAN DI TANAH DI JAWA

Kategori: Sejarah
Penulis: Sri Wintala Achmad
Judul: 13 RAJA PALING BEPENGARUH 
SEPANJANG SEJARAH KERAJAAN DI TANAH DI JAWA
(STOK HABIS)


Deskripsi:
Sejarah kerajaan di tanah Jawa bermula sejak munculnya tiga kerajaan dengan pusat pemerintahannya terletak di bagian utara (pantai utara) Jawa Tengah. Ketiga kerajaan tersebut, antara lain: kerajaan yang didirikan Raja Santanu, Depunta Sailendra, dan Ratu Shima. Kerajaan yang didirikan Raja Santanu dan Depunta Sailendra itu tidak diketahui namanya. Sementara kerajaan yang didirikan Ratu Shima bernama Kalingga. Suatu kerajaan yang terletak di wilayah Jepara.    
Pasca Kalingga, muncullah kerajaan-kerajaan di tanah Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta) yang dimulai dengan Medang, dan berlanjut Kahuripan, Kadiri dan Janggala, Singhasari, Majapahit, Demak, Pajang, Mataram, Kartasura, Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman.
Munculnya kerajaan-kerajaan di Jawa niscaya disertai lahirnya raja-raja besar yang tersohor namanya karena prestasinya semasa melaksanakan tugas negara. Raja-raja yang namanya pantas diabadikan dalam kitab sejarah itu, yakni: Ratu Sanjaya, Samaratungga, Mpu Manuku, Dyah Balitung, Mpu Sindok, Airlangga, Mapanji Jayabhaya, Kertanagara, Hayam Wuruk, Raden Patah, Sultan Agung, Sunan Pakubuwana IV, dan Sri Sultan Hamengkubuwana IX.
Dari ketigabelas raja besar yang riwayat kehidupannya dibeber dalam buku ini sangat layak untuk Anda ketahui. Kebijakan-kebijakan yang mereka terapkan pantas Anda teladani. Karenanya dengan membaca buku yang sangat berharga ini, Anda tidak merasa buang-buang waktu percuma. Mengingat pengetahuan tentang raja-raja terbesar sepanjang sejarah kerajaan di tanah Jawa serta nilai-nilai edukatifnya akan Anda dapatkan. [ ]

1 comment: