Tuesday, October 30, 2018

FILSAFAT KEPEMIMPINAN JAWA

Judul Buku: FILSAFAT KEPEMIMPINAN JAWA
Kategori: Filsafat
Penulis: Sri Wintala Achmad
Penerbit: Araska Publisher
STOK HABIS




Deskripsi:
Ibarat mutiara yang terpendam oleh lapisan-lapisan masa, filsafat kepemimpinan Jawa kembali digali. Manakala makna kepemimpinan semakin membumbung tinggi dari pijakan esensinya. Hingga masyarakat mulai apatis dengan sosok pemimpin, yakni seorang figur yang musti diteladani. Tingkat apatis masyarakat pun semakin meningkat; manakala banyak pemimpin yang terdakwa sebagai oknum koruptor atau melakukan tindakan tidak terpuji lainnya.
Filsafat kepemimpinan Jawa sebagaimana yang diterapkan para pemimpin sebagai bekal di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kepemimpinannya memang layak digali kembali. Mengingat filsafat tersebut mampu meniupkan angin segar bagi masyarakat. Tidak hanya berupa kesejahteraan ekonomi, namun pula kehidupan politis yang semakin beradab dan membawa rasa damai bagi masyarakat.
Lantas apa saja filsafat kepemimpinan Jawa yang diterapkan para pemimpin seperti Sultan Agung, Pangeran Dipanegara, HOS Cokroaminoto, dr. Cipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantara, dr. Wahidin Sudirohusodo, Tirto Adhi Suryo, K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Hasyim Ashari, Jenderal Sudirman, Ir. Sukarno, H. Muhammad Suharto, atau Sri Sultan Hemengkubuwana IX hingga mereka mendapatkan predikkat sebagai pemimpin besar yang sukses pada zamannya?
Sebagai orang-orang Jawa yang tidak lepas dengan warisan kearifan leluhurnya, para pemimpin telah menggali filsafat kepemimpinan Jawa yang terkandung dalam Serat Sastra Gendhing (gubahan Sultan Agung), Serat Witaradya (gubahan R. Ng. Rangga Warsita), Serat Wulang Jayenglengkara, ajaran Hasta Brata, ajaran Gajah Mada, ajaran Pangeran Sambernyawa (KGPAA Mangkunegara I), ajaran Ki Hajar Dewantara, dan ajaran-ajaran lainnya.
Karenanya dengan menyimak kandungan buku ini, Anda tidak hanya mengetahui orang-orang Jawa yang dapat mewujudkan kejayaan bangsa dan negaranya berkat menerapkan filsafat kepemimpinan Jawa. Melainkan pula, Anda akan dapat menyingkap rahasia kesuksesan mereka sebagai pemimpin yang tangguh, bijaksana, dan memiliki visi ke depan. [ ]

No comments:

Post a Comment